Pengertian Web Page, Web Browser, Homepage, Web Hosting dan Website

1. Pengertian Web Page.

Web page adalah halaman yang ditampilkan di sebuah website di internet, yang dapat menampilkan teks, gambar, bahkan suara. Halaman ini digunakan untuk menunjukan sebuah halaman websitw. Web page dapat diibaratkan sebuah halaman dalam buku.

2. Pengertian Webbrowser.

Webrowser adalah suatu program yang digunakan untuk mrnjrlajahi dunia internet atau untu mencari informasi tentang suatu halaman web yang tersimpan di komputer.
Awalnya, webbrowser hanya berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar. Namun web browser sekarang tidak hanya menampilkan gambar dan teks dan belum dapat menampilkan gambar dan teks saja, tetapi sudah memutar tes multimedia.
Browser juga dapat mengirim dan menerima email, mengolah bahasa HTML sebagai input dan menjadikan halaman web sebagai output yang informatif. Contoh Webbrowser antara lain:
a. Internet explorer
b. Mozila Firefox
c. Opera
d. Netscape, dll.

Kegunaan Webbrowser

a. Untuk melacak dan menampilkan sebuah informasi.
b. Untuk berinteraksi dengan server melalui sistem berbasis server.
c. Untuk menampilkan dokumen-dokumen yang tersimpan secara elektonik.
d. Untuk melakukan download dan upload informasi.
e. Untuk melalukan diskusi dengan kelompok atau grup yang mempunyai hobi atau tujuan yang sama.

3. Pengertian Homepage.

Homepage adalah halaman muka atau utama yang ditampilkan dari sebuah website di internet. Jadi halaman ini muncul pertama saat website diakses. Tampilan homepage menggambarkan isi seluruh isi situs tersebut,
Biasanya homepage mempunyai nama file index html atau index htm. Agar tampilan homepage lebih menarik, design homepage dirancang dan dilengkapi dengan tampilan-tampilan menarik seperti huruf yang bergerak-gerak, gambar-gambar yang memikat, animasi hingga penggunaan multimedia lainnya.

4. Pengertian Web Hosting.

Web hosting adalah layanan penyewaan ruang simpan data (space) yang digunakan untuk menyimpan data-data website agar halaman website tersebut bisa diakses dari mana saja.
Data web tersebut meliputi file-file html, php script, cgi script, css, image, database dan file lain yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman web. Selain untuk menyimpan file-file tersebut di atas, biasanya web hosting juga memberikan fasilitas.

5. Pengertian Website

Website adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (webpage) yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain atau subdomain di WWW di internet. Website juga dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara atau video atau gabungan dari semuanya. Baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk 1 rangkaian bangunan yang saling terkait, dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan (hyperlink).
Bersifat statis apabila isi informasi tetap, jarang berubah dan informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah.
Penemu website adalah Sir Timothy John “Tim” Berners-lee. Sedangkan website yang tersambung dengan jaringan pertama kali muncul [ada tahun 1991. Maksud dari Tim membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan memperbaharui informasi kepada peneliti di tempat dia bekerja.
Pada tanggal 30 April 1933, CERN (dimana Tim bekerja) menginformasikan bahwa WWW dapat digunakan secara gratiz oleh semua orang,

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s